Cara Aman Mengganti Exhaust System

Sponsored Links

Berita Terbaru Tentang Cara Aman Mengganti Exhaust System ~ Banyak orang beranggapan dengan mengganti katalisator knalpot dengan tabung knalpot tanpa saringan bisa membuat kendaraan mereka lebih kencang. Memang anggapan ini tidak salah semua, tapi jangan sampai salah kaprah. Karena terkadang kita hanya terhipnotis dengan suara keras yang dihasilkan tapi nyatanya bisa jadi menurunkan tenaga kendaraan anda.

Kebanyakan orang ingin tampil gaya dengan mengganti knalpot dengan membeli sembarangan dengan tidak tahu kualitas barang yang dibelinya. Memang banyak di berbagai tempat menjual tabung knalpot dengan penampilan bagus dan harga murah, tapi dengan harga murah tentunya anda harus berhati-hati.

Katalisator pada mobil itu berguna untuk meredam panas setelah keluar dari exhaust manifold, meredam suara, dan juga untuk menyaring sisa gas buang agar saat keluar ke udara bebas, emisi gas buangnya tidak terlalu tinggi. Untuk mendapatkan peningkatan tenaga dari sistem ini ada yang perlu di perhatikan dan dipahami terlebih dahulu.

Pertama dari segi bahan yang digunakan. Semakin murah harga yang ditawarkan kemungkinan bahan yang digunakan adalah pipa baja biasa. Dan penggunaan bahan ini memang mudah untuk dibentuk tapi umurnya relatif pendek karena akan mudah terkena korosi. Bahan kedua adalah alumunized, yakni tetap menggunakan pipa baja dan hanya saja dilapis alumunium dan seng. Sehingga dengan bahan ini pemakaian akan lebih panjang dan tahan korosi.

Sedang untuk bahan ketiga dan yang paling oke adalah menggunakan stainless steel. Bahan ini memang banyak dipergunakan oleh berbagai rumah modifikasi, seperti Greddy, HKS, DC Sport, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan tenaga mesin, Anda bisa mencoba dengan mengganti sistem exhaust manifold atau mengganti katalisator dengan tabung knalpot yang berkualitas dan terjamin. Untuk mengganti tabung knalpot sesuaikan dahulu dengan mesin dan exhaust manifoldnya terlebih dahulu. Kalau semua masih standar gunakan tabung knalpot yang masih memiliki sistem penyaring (silencers) bukan yang full freeflow.

Untuk meningkatkan tenaga kendaraan standar tingkat pertama. Dan yang perlu diperhatikan adalah untuk mesin standar gunakan konfigurasi 4-2-1 untuk mesin 4 silinder. Dengan konfigurasi ini kendaraan Anda akan terasa bertenaga saat putaran rendah. Apabila sistem ini digabung dengan sistem knalpot yang menggunakan silencer mobil standar akan terasa lebih bertenaga. Dan diperkirakan tenaga kendaraan anda akan meningkat sekitar 3-8 dk tergantung sistem exhaust pabrikan mana yang Anda gunakan.

Untuk meningkatkan tenaga lebih besar lagi atau menginjak ke tingkat dua akan ada tambahan yang diubah. Pertama yang harus diubah adalah intake sistem, dengan penggantian sistem ini diharapkan pasokan udara ke mesin bisa lebih banyak. Dan langkah kedua adalah mengganti exhaust manifold dengan konfigurasi 4-1 (untuk mesin 4 silinder), dan baru penggunaan knalpot freeflow. Dan daya yang dihasilkan dengan tingkat kedua ini sekitar 10 – 20 dk atau bahkan bisa lebih, tergantung paket produksi mana yang akan dipakai.

Jika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan untuk bergaya, disarankan menggunakan modifikasi sistem exhaust tingkat pertama. Karena dengan menggunakan tingkat pertama, emisi gas buang kendaraan anda tidak terlalu tinggi dan juga suara yang dihasilkan knalpot tidak terlalu ribut dan tidak mengganggu lingkungan sekitar anda.

Kecuali anda ingin mengikuti kontes dan lomba balap, tingkat kedua atau bahkan lebih itu diharuskan dan dianjurkan. Dan sebagai masukan, bagi yang ingin mempersiapkan kendaraannya dalam kontes Dyno Test, dana yang harus Anda siapkan tidaklah sedikit untuk menghasilkan daya besar karena akan berkisar Rp 50 juta hingga ratusan juta.
Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: