10 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas

Sponsored Links

Berita Terbaru Tentang 10 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas  ~ Anda yang punya impian membeli mobil sedan tentu sudah punya model idaman yang menjadi incaran. Namun, benarkah mobil itu sesuai dengan yang Anda butuhkan untuk saat ini atau bahkan untuk jangka panjang? Selain itu, apakah Anda sudah puas dengan satu nama saja? Untuk itu, coba telaah lagi, sedan seperti apa yang Anda butuhkan.


1. Ukuran dan Segmen

Sedan didefinisikan sebagai kendaraan empat pintu yang memiliki desain bagasi tradisional. Namun, kapasitas itu serupa dengan model lain, seperti hatchback. Segmennya pun terbagi menjadi tiga ukuran dasar: kompak, menengah, dan besar. Yang manakah yang Anda butuhkan?

2. Harga

Sedan kompak baru dapat dibeli antara Rp 100-an juta untuk yang kelas ekonomi, hingga Rp 300 jutaan untuk model mewah. Harga sedan ukuran menengah start dari pertengahan harga kelas kompak hingga Rp 800 juta. Harga sedan besar, sebut saja dari model BMW atau Mercedes, mungkin start dari Rp 1 miliar dan seterusnya.

3. Mesin vs Bahan Bakar

Ada mesin empat, lima, enam, delapan dan bahkan 12-silinder dalam kelompok ini. Masuknya desain baru dan teknologi yang hemat bahan bakar sepanjang bisa jadi pertimbangan.

4. Keselamatan

Biasanya sedan di kelas menengah sudah memiliki fitur-fitur seperti rem ABS, airbag kursi depan atau bahkan samping, pengontrol stabilitas. Fitur seperti sensor parkir sudah mulai tersedia di sedan kelas ekonomi atau kompak, sementara sedan kelas premium memanfaatkan teknologi tinggi untuk memperingatkan pengemudi dari kondisi blind-spot. Sejumlah mobil yang juga dipasarkan di Amerika belakangan diuji lebih baik oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Dengan kata lain, fitur keselamatannya lebih baik dari model-model sebelumnya.

5. Kemewahan dan Kenyamanan

Perangkat hiburan di sedan zaman sekarang setidaknya adalah perangkat audio CD. Namun, lihat juga fitur lainnya, terutama jika Anda suka musik dan menyimpan lagu-lagu dalam flashdisk, atau bahkan iPod, apakah kompatibel dengan perangkat model itu. Sementara itu, sistem navigasi, Bluetooth kini mudah ditemukan pada sedan non-mewah. Fitur lainnya mungkin adalah cupholder, terutama jika Anda selalu membawa kopi dan minuman lain, dan mungkin desain interior.

6. Kapasitas

Sedan paling kompak dan menengah bisa membawa empat orang dewasa dengan nyaman. Namun jika harus bisa dimuati lima anggota keluarga, maka pilih sedan besar.

7. Bagasi

Umumnya, mobil kelas kompak menawarkan kapasitas bagasi 12-13 kaki kubik, sedan menengah menawarkan 14-16 kaki kubik, dan sedan besar menawarkan 17-21 kaki kubik.

8. All Wheel-Drive?

Hujan belakangan kadang mendorong pengemudi untuk ekstra hati-hati, terutama dalam menjaga daya cengkeram mobil saat jalan dalam kondisi licin. Fitur All Wheel-Drive atau AWD boleh jadi pertimbangan. Namun faktor harga tentu berpengaruh.

9. Manual vs Matik

Memang, mobil transmisi matik jadi andalan di saat macet. Namun, sedan manual pun kadang lebih disukai sebagian orang, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa. Model transmisi matik di setiap mobil biasanya berbeda. Ada yang perlu digeser dulu untuk memindahkan tuas, misalnya dari N ke D, ada pula yang pencet tombol. Serunya lagi, sejumlah mobil sedan kelas mewah punya fitur pindah transmisi di belakang setir.

10. Biaya Operasional

Sedan kompak dan terhitung sederhana dalam perawatan biasanya punya harga purnajual yang stabil. Ini terkait juga dengan biaya perawatannya yang terhitung lebih ramah di kantong dibanding mobil kelas di atasnya. Sementara itu, ada pula mobil mewah yang nyaman dan berbiaya perawatan mahal di awal, tetapi kemudian punya harga purnajual jatuh, walaupun biaya perawatannya tetap saja mahal. Jadi, sudah bisa tentukan calon sedan Anda dengan lebih baik?

Sumber: Kapanlagi.com
Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: